Pendidikan dan Latihan Dewan Sugli se-Jawa Tengah Tahun 2023

Dewan Sugli adalah Wadah pembinaan dan kepemimpinan pandu HW yang beranggotakan penghela dan penuntun putra maupun putri yang bersifat kolegial (kebersamaan).

Dewan Sugli sebagai Badan Kelengkapan Kwartir yaitu membantu pengelolaan pandu Hizbul Wathan

Maksud dan Tujuan Dewan Sugli: Memberikan kesempatan kepada pandu Penghela dan Penuntun untuk menambah pengetahuan, ketrampilan, dan pengalaman dalam pengelolaan organisasi, pengembangan bakat kepemimpinan dalam rangka usaha pengembangan pribadi dan pengabdian kepada Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan, pengamalan Persyarikaan Muhammadiyah, Masyarakat, Bangsa dan Negara.

Dewan Sugli sebagai Wadah pembinaan dan pengembangan kepemimpinan dan kemampuan Pandu HW Penghela dan Penuntun dalam mengelola Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan untuk menjadi kader pemimpin, kader pembaharuan dan kader pembangunan dimasa yang akan datang.

Tugas Pokok Dewan Sugli:

  1. Melaksanakan keputusan musyarawarah untuk mengelola pandu HW sesuai dengan kebijakan yang telah ditentukan Kwartir
  2. Menyusun, melaksanakan, dan mengelola kegiatan sesuai dengan kebijakan yang telah
    ditentukan Kwartir
  3. Membina Dewan Sugli diwilayah kerjanya
  4. Memberi saran kepada kwartir tentang pembinaan kepemimpinan penghela dan penuntun
  5. Membantu kwartir dalam menjalankan tugasnya
  6. Menyelenggarakan musyawarah pandu HW Penghela dan Penuntun ditingkat kwartirnya

Kwartir Wilayah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Jawa Tengah akan mengadakan Pendidikan dan Latihan Dewan Sugli yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Februari 2023 di Pati.

Berdasarkan Tanfidz Keputusan Musyawarah Kwartir dan Keputusan Rapat Kwartir Wilayah Jawa Tengah di UMP pada tanggal 10 – 11 Desember 2022, maka Kwartir Wilayah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Jawa Tengah akan melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Latihan Dewan Sugli Daerah se-Jawa Tengah yang akan dilaksanakan pada:

Hari/ Tanggal : Daring Sabtu, 19 Februari 2023, Luring Jumat – Ahad, 24 – 26 Februari 2023, Waktu: Daring (konfirmasi) – Luring 07.00 WIB – Selesai
Tempat : Buper Regaloh Kabupaten Pati
Peserta : 240 Orang, terdiri dari:

  1. Utusan Kwarda 5 Orang terdiri 4 Peserta Diklat (2 Pa dan 2 Pi) dan 1 Peserta Media Workshop
  2. Utusan Qobilah PTMA 3 Orang terdiri dari 2 Peserta Diklat dan 1 Peserta Media Workshop

Pendidikan dan Latihan Dewan Sugli tahun ini ada 2 kegiatan utama yaitu: Diklat Dewan Sugli dan Smartphone Videography Workshop bagi Tim Khusus Media (IT) yang dikemas dalam kegiatan daring maupun luring.

Adapun ketentuannya sebagai berikut:

    1. Peserta: Utusan Kwarda 5 Orang terdiri 4 Peserta Diklat (2 Pa dan 2 Pi) dan 1 Peserta Media Workshop, Utusan Qobilah PTMA 3 Orang terdiri dari 2 Peserta Diklat dan 1 Peserta Media Workshop
    2. Peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dari awal sampai akhir.
    3. Peserta memiliki dedikasi yang tinggi dan sehat jasmani maupun rohani.
    4. Peserta membawa perlengkapan yang telah ditentukan oleh panitia.
    5. Melakukan pendaftaran melalui formulir pada website Jateng  http://hwjateng.id/dsd2023 (Form cek dibawah)
    6. Membuat twibbon berseragam HW Lengkap diupload melalui sosmed dengan tag @hwjateng @dswhwjateng dan hastag #hwjateng #dshwjateng #hizbulwathan sesuai desain yang telah dibuat oleh panitia. Link Twibbon: https://www.twibbonize.com/dsd2023
    7. Membayar Iuran Gotong Royong SWP Rp. 275.000,-/ Orang (termasuk jika ada pendamping) dan Rp. 100.000,- / Kwarda
    8. Khusus Peserta Media diharapkan membawa laptop yang terinstal coreldraw dan filmora, memiliki handphone android dengan spesifikasi minimal OS versi 5 (lolipop), Ram 4, Baretai 3500 Mah, Kapasitas penyimpanan ruang kosong 1 Gb dan atau IOS Minimal Iphone 7+.

 

PENDAFTARAN PESERTA

Read More

Related Articles