Kwartir Wilayah Hizbul Wathan Jawa Tengah selenggarakan pelatihan Jaya Melati 2

Kwartir Wilayah Hizbul Wathan Jawa Tengah selenggarakan pelatihan Jaya Melati 2 (dua) bertempar di Mijen, Wonolopo kota semarang, Selama 7 (tujuh) hari. Kegiatan berakhir sabtu, 30 September 2023. Kegiatan perkaderan pelatih qabilah ini merupakan tingkat lanjutan dari alumni jaya melati satu. Jaya melati dua ( Jati 2 ) adalah pelatihan ahli pandu sesuai keahlian golongannya.

Pembukaan dihadiri oleh Ketua kwarwil Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Jawa Tengah, PCM Mijen, Ketua Dikdasmen PCM Mijen, Kesbangpol Kota Semarang, Kwarcab Pramuka Kota Semarang dan PDM Kota Semarang Ayahanda Jumadi dan Dr. AM Jumali. Kegiatan ini terselenggara dg peserta qabilah se-kota semarang, dewan sugli wilayah dan ada yg asal brebes, ujar Ketua Kwarda kota semarang Ramanda Slamet Widodo.

Pramuka dan HW memiliki tujuan yang sama sebagai pandu. Maka perlu adanya kerjasama dalam kegiatan yang dilakukan kedua belah pihak. Saya memilih pramuka karena masih ingin muda, sebab selamanya dipanggil kakak. Ujar kak Nur sekretaris kwarcab kota semarang.

Selamat dan sukses kepada kota semarang sebagai tempat terselenggaranya Jaya Melati 2. Kegiatan ini hendaknya menjadi forum perkaderan para pelatih ahli ditingkat golongan masing2. HW lahir 20 Desember 1918 dan dikebur tahun 1961 serta bangkit kembali tahun 1999, sehingga HW lebih dahulu dari pada pramuka. Meski demikian tetap perlu kerjasama antar pramuka dan hw dalam setiap kegiatannya. Perbedaannya adalah muatan materi diHW lebih banyak penguatan Al Islam dan Kemuhammadiyahan dengan proporsk 60℅ serta 40℅ muatan materi scouting skills/ketrampilan/seni budaya. Hendaknya para pelatih nantinya tidak cukup menguasai salah satu saja. Tetapi menguasai keduanya. Ingat bahwa hw mencetak kader persyarikatan, umat dan bangsa dan tetap berpegang pada prinsip dasar kepanduan dan metode kepanduan hizbul wathan, ujar Ketua kwarwil HW Jateng.

Read More

Related Articles